Momentum HUT ke-42 tahun ini, hendak memberikan kontribusi nyata pada pelestarian lingkungan dengan mengadakan kegiatan penanaman Mangrove pada 15 April 2023. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-42 Mapala “Wanaprastha Dharma” Universitas Udayana (Mapala “WD” Unud). Mangrove dipilih karena memiliki banyak manfaat bagi ekosistem seperti sebagai habitat dan sumber nutrisi bagi berbagai jenis hewan, melindungi pesisir dari gelombang laut, dan mampu menyerap emisi karbon lebih banyak daripada hutan tropis dataran tinggi.


Pengambilan bibit Mangrove oleh peserta sebelum melakukan penanaman
(Dokumentasi panitia HUT ke-42)

    Kegiatan penanaman Mangrove berlokasi di Ekowisata Mangrove Batu Lumbang, Pemogan, Denpasar Selatan. Peserta yang menghadiri kegiatan ini adalah anggota Mapala “WD” Unud, Civitas Akademika Univesitas Udayana, Sispala, Mapala Se-Denpasar dan Komunitas Pecinta Alam. Sebelum melakukan penanaman, peserta terlebih dahulu diberikan sosialisasi terkait ekosistem mangrove, manfaat mangrove dan cara penanaman mangrove oleh KUB Segara Guna Batu Lumbang dan UPT Tahura Ngurah Rai. 

Foto bersama peserta penanaman Mangrove
(Dokumentasi panitia HUT ke-42)

    Bibit Mangrove yang ditanam berjumlah 160 buah bibit dengan jenis Mangrove Rhizopora mucronate (bakau hitam). Mapala “WD” Unud memilih jenis Mangrove ini karena bukan hanya memiliki manfaat untuk lingkungan hidup namun juga bagi ekonomi dan etnobotani. Penanaman mangrove yang dilakukan Mapala “WD” Unud diharapkan dapat mempromosikan mangrove sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaat dan dapat memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan. 


Foto bersama dengan mangrove yang ditanam
(dokumentasi panitia HUT ke-42)