Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) adalah sebuah inovasi yang dirancang Kemendikbudristek dan diluncurkan sebuah kebijakan untuk mentransformasi sistem Pendidikan tinggi di Indonesia dalam menghasilkan lulusan yang lebih relevan. Universitas Udayana dalam pengimplementasiannya telah melakukan berbagai kegiatan terkait MBKM ini.

Tabanan, 16 Juni 2023 dilaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) Program Bina Desa di Desa Kuwum, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Kegiatan ini untuk mendukung UMKM masyarakat desa dengan membantu mereka menyediakan wadah mengembangkan usahanya dengan produk utama adalah usaha Jaje Begine (sejenis jajan untuk upacara bagi agama hindu di Bali). Karena Jaje Begine sendiri untuk sekarang masih dipakai sebagai sarana upacara adat.

Mahasiswa berinovasi untuk membuat Jaje Begine agar bisa dimakan kapan saja, sebagai camilan atau oleh" buat wisatawan lokal maupun mancanegara, apalagi Bali sebagai daerah tujuan pariwisata, tentunya sangah mustahil berinovasi dalam mengembangkan produk-produk sejenis yang diawali dengan sosialisasi tujuan dari kegiatan ini, bagaimana membuat berbagai varian rasa Jaje Begine dengan 4 (empat) rasa yaitu: coklat, keju, balado, original yang digunakan sebagai camilan, dan membuat pengemasan semenarik mungkin agar produk hasil inovasi tadi bisa dipasarkan di pasar yang lebih luas dan dapat menjangkau beberapa mitra serta konsumen di secara luas.