Universitas Udayana melalui Biro Kemahasiswaan bekerja sama dengan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek melaksanakan Monev Beasiswa Unggulan (BU) Pada Hari Jumat Tanggal 7 Juli 2023 di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Universitas Udayana. Kegiatan ini di hadiri oleh ibu Septian Prima Diasari S.Kom., M.Si selaku koordinator Pokja Beasiswa Pendidikan Tinggi Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud Ristek, Bapak Dr Tatang Supriatna selaku Sub Koordinator Beasiswa Unggulan Puslapdik Kemendikbudristek dan ibu Ketut Desi Anggraeni Sulistiawati, SE, MM selaku Koordinator Kesejahteraan Mahasiswa mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana.

    Beasiswa Unggulan merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang Sarjana Magister dan Doktoral. Beasiswa Unggulan adalah masyarakat berprestasi dapat diikuti calon mahasiswa yang sudah memiliki surat di terima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 3 (semua Jenjang) pada saat mendaftar. Beasiswa Unggulan juga merupakan beasiswa kepada PNS di lingkungan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan teknologi untuk melanjutkan pendidikan MAGISTER ATAU Doktoral di dalam atau di luar negeri dengan mekanisme Tugas Belajar.

    Dalam Kegiatan Monev tersebut di hadiri oleh 29 Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan selain dari perguruan tinggi di Bali juga dihadiri oleh Penerima Beasiswa dari Universitas luar Bali. Beasiswa Unggulan merupakan beasiswa bergengsi selain quotanya terbatas juga merupakan beasiswa favorit selain biaya UKT juga menerima biaya hidup dan biaya buku yang cukup tinggi sehingga banyak sekali mahasiswa yang berlomba-lomba berharap lolos dalam beasiswa ini. Mahasiswa Universitas Udayana dari tahun 2019 s/d 2021 yang lolos menerima Beasiswa Unggulan sebanyak 11 orang untuk jenjang S1 sedangkan S2 dan S3 masing masing 1 orang mahasiswa. Semoga untuk tahun tahun kedepannya quota untuk Beasiswa Unggulan bisa meningkat sehingga mahasiswa udayana lebih banyak yang lolos.